Salah satu tempat pembibitan perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia
Berita Umum Perkebunan Pertanian

Dengan Cara ini, LLH Jejak Bumi Indonesia Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Tanaman Produktif Lokal

Baturaja, JIS.com– Memasuki musim buah tahun ini, Perkumpulan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan dan mengembangkan tanaman produktif lokal dengan cara tidak membuang biji-bji buah ketempat sampah namun mengumpulkan dan “menyedekahkan” biji tersebut ke perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia untuk dijadikan bibit.

Pendiri Perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Hendra A. Setyawan didampingi Ketua perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Agung Sudrajat mengatakan langkah ini dilakukan agar setiap biji buah sisa dari buah yang di konsumsi bisa di jadikan bibit untuk dikmebangkan kembali.

“Dengan tindakan “SEDEKAH” biji pohon seperti mangga, durian, rambutan, langsat, duku, manggis, nangka dan lainnya ini, kita dapat menyumbang banyak pohon setiap musim bagi daerah kita,” kata Hendra.

Misi dari kegiatan sederhana ini untuk menghijaukan, melestarikan pohon produktif lokal serta pengurangan resiko bencana lingkungan hidup. “tujuan ini akan berhasil jika dilakukan secara bersama-sama,” ujarnya.

Menurut Hendra sedekah biji pohon produktif ini cukup mudah,masyarakat yang mengkonsumsi setiap buah-buahan cukup mencuci dan mengeringkan biji tersebut dibawah sinar matahari, kemudian biji itu dikumpulkan dan dibungkus dengan Koran. “Kita siap menampung biji-biji tersebut,” tukas Hendra.

Sementara itu Ketua Perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Agung menambahkan, pihaknya saat ini sangat fokus untuk pembibitan tanaman dan penanaman lokal produktif dibeberapa wilayah Kab/Kota di Sumatera selatan. Untuk Wilayah Kabupaten OKU beralamat di Jl. Veteran No. 08 Baturaja OKU dekat Kantor Golkar atau Pas Samping Fotokopi Mafaza. “Kantor buka setiap hari waktu kerja Senin – Sabtu Pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB, atau bisa menghubungi staf kami Kukuh Setia Budi HP/WA 082178239006, Satria Putra 082178605338 dan Decky Sanjaya 081288686989,” sebutnya.

Untuk Kabupaten OKU lanjut Agung LLH jejak Bumi Indonesia melakukan Pembibitan tanaman produktif ini dibeberapa tempat yakni, di Kalangan Rebo Desa Kemilau Baru. Kecamatan Baturaja Timur, Desa Tanjung Sari Kec. Pengandonan dan Desa Lubuk Batang Baru Kec. Lubuk batang. “Masyarakat dapat melihat langsung pembibitan di lokasi, bibit-bibit pohon ini juga akan kami bagikan kepada yang sudah memberikan biji pohon, serta mitra-mitra LLH Jejak Bumi Indonesia. Terimakasih,” kata Agung

Agung berharap gerakan ini dapat bermanfaat untuk melestarikan setiap tanaman lokal produktif di daerah kita, sehingga tanaman ini nanti dapat dinikmati oleh anak cucu kita. “Mari kita bergabung dalam gerakan ini untuk menyebarkan kelimpahan di alam dengan cara yang sederhana namun efektif, dan berkontribus bagi generasi kita berikutnya,” ajaknya. (AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *