Harga Kunyit Hitam Melebihi Harga Emas

Harga Kunyit Hitam Melebihi Harga Emas

#Kunyit Hitam dengan sejuta khasiat

Sumsel, JIS.com – Kunyit hitam atau Black Ginger, bila kita mendengar kata tersebut mungkin kita akan merasa sedikit asing, karena pada umumnya Kunyit berwana orange cerah namun ternyarta kunyit ada juga yang berwarna hitam dengan sejuta khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kunyit hitam memiliki nama ilmiah “Curcuma Caesia” merupakan tanaman asli dari daerah India atau timur laut. Kunyit hitam ini mengandung minyak atsiri yang merupakan gabungan dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, feladren, sabinen, borneol dan sineil. Kandungan – kandungan lain seperti lemak rendah, karbohidrat rendah, protein, pati, vitamin C dan mineral. Kandungan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan terutama dalam masa penyembuhan

Proses tanam kunyit hitam (Hendra A.Styawan)

Black Ginger ini mempunyai sejuta manfaat diantaranya untuk mempelancar peredaran darah, baik untuk jantung, pengobatan kanker serta dapat dipergunakan sebagai obat stamina lelaki yang paling Ampuh melebihi VIAGRA.

Dengan banyaknya khasiat yang dimiliki oleh Kunyit hitam ini membuat rempah ini banyak di buru oleh masyarakat, sehingga harganya pun sedikit mahal bahkan melebihi harga emas karena kunyit hitam ini susah untuk didapat . “Untuk harga kunyit hitam kualitas biasa sekitar Rp 5 juta/Kg, sedangkan yang super bisa mencapai Rp 10 juta/kg,” kata Pendiri perkumpulan Jejak Bumi Indonesia sekaligus perintis Kunyit hitam di Sumsel, Hendra A. Setyawan saat dibincangi jelajahinformasisriwijaya.com, senin (6/7).

Saat ini Perkumpulan Jejak Bumi Indonesia sedang melakukan pengembangan dan pemberdayaan kunyit hitam, bahkan Jejak telah memiliki sekitar 1000 pot bibit Kunyit hitam.

Dijelaskan Hendra penanaman kunyit hitam ini ini memerlukan perawatan yang rapi dan sangat rumit . Tanah nya mesti bercampur dengan pasir dan memerlukan kawasan yang redup dan air yang cukup tetapi jangan terlalu banyak air.

“Kunyit hitam ini sangat bagus di tanaman di dalam polybag, karena dengan di polybag tanaman bisa dikontrol, baik pupuk, nutrisi dan lainnya, Apabila tanaman kunyit hitam didalam salah satu polybag  terkena virus dan penyakit sangat mudah di karantina, tinggal pindahkan polybag bibit yang kena penyakit. Memang Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat langka, namun banyak khasiat yang terkandung didalamnya,” jelasnya

Menurut Hendra Negara Indonesia memiliki rempah-rempah yang hebat. Indonesia di jajah karena rempah, pala, cengkih, lada  dan lainnya. dulu rempah ini di eropa lebih mahal dari pada emas dan berlian. “Kita ketahui sekarang harga pala, kapulaga, cengkih, jahe merah, vanili dll masih sangat bersaing, tapi ingat kita selalu kalah dalam pengelolaan produk dan banyak mafia yang bermain, kita harus kompak dan mengelola hal ini dan menjadi berdaya saing karena kita kenal INFORMASI yang sangat mahal dan jaringan. sekarang kunyit hitam harus juga dikembangkan untuk harga pasti seleksi alam, barang sedikit maka harga mahal, barang banyak akan murah, saatnya kita kelola produk. Selalu semangat, bertani dan mencintai alam akan menjadi sumber pergerakkan ekonomi bangsa,” tukasnya (AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *