Berita Umum Lingkungan Hidup Ogan Komering Ulu

LLH Jejak Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan Dan Sumber Air

Baturaja, JIS.com –  Lembaga Penelitian Pengembangan Pembangunan dan Dampak Lingkungan Hidup (LP3L) Kabupaten OKU menggelar pendidikan dan pelatihan dasar lingkungan hidup yang dipusatkan di Kampus Universitas Baturaja.

Pelatihan dasar yang diikuti oleh 100 orang peserta ini menghadirkan 16 pemateri yang ahli bidang lingkungan hidup. salah seorang pemateri itu yakni Pembina Perkumpulan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia Hendra A Setyawan yang menyampaikan materi Konservasi SDA Hayati. 

Dalam materi yang disampaikan Hendra mengajak seluruh peserta dan masyarkat turut serta menjaga kelestarian lingkungan serta menjaga sumber air yang ada dibumi. “Ketersedian air bersih saat ini hanya sekitar 1 persen saja atau sekitar 0,9 persen,” kata Hendra saat dibincangi jelajahinformasisriwijaya.com usai menyampaikan materi.

Menurut Hendra hal ini disebabkan kerusakan hutan yang semakin parah, disebutkannya hasil perhitungan menunjukan bahwa pada periode 1986-1998, laju kerusakan hutan sekktar 5552 hektar pertahun, “atau sekitar 5000 lapangan bola pertahun,” sebutnya

Di OKU sendiri lanjutnya untuk air bersih juga sangat minim, hal ini terlihat saat musim kemarau melanda sungai ogan yang menjadi sumber air kehidupan masyarakat akan surut bahkan terancam kering. Lalu sebaliknya saat hujan lebat turun air sungai akan meluap keruh dan sangat kotor. 

“Kami telah bekerjasama dengan seluruh pihak membentuk Forum DAS, yang tujuannya ini untuk melestarikan DAS,” ungkapnya.

Hendra berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menghasilkan para pencinta lingkungan hidup sehinga dapat menjaga kelestarian lingkungan. (AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *