Berita Umum OKU Selatan

Madu Rimba Sersan, Madu Murni Dari Hutan Binaan LLH Jejak

Baturaja, JIS.com – Madu Rimba Sersan (Madu Hutan Serasan Seandanan) merupakan Produk Binaan perkumpulan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia, Madu murni ini dihasikan dari lebah liar kawasan hutan diwilayah Kabupaten OKU Selatan. 

Pembina Perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Hendra A Setyawan melalui Koordinator LLH Jejak OKU Selatan Hardianto saat dibincangi jelajahiformasisriwijaya.com menjelaskan, Madu Rimba Sersan merupakan produk HHBK yakni salah satu dari hasil hutan bukan kayu yang berasal dari hutan kawasan di wilayah Muaradua OKU Selatan. Menurut Hardianto, Madu Rimba Sersan juga bisa disebut madu organik hal ini dikarenakan madu Sersan dihasilkan petani pengumpul madu dari lebah liar yang bersarang di hutan hutan kawasan muaradua, dimana sari bunga yang didapatkan bersumber dari pokok pokok tanaman yang belum tersentuh oleh bahan kimia. 

“Baik itu pupuk kimia maupun herbisida dan insektisida kimiawi, sehingga madu Rimba ini menghasilkan madu murni (Asli) yang dipastikan Madu terbaik,” ujarnya.

Pembinaan LLH Jejak Bumi Indonesia kepada Petani pengumpul madu  hutan di OKU selatan ini menurut Hardianto telah dilaksanakan sejak awal tahun 2019 ini, “kita lakukan pembinaan panen hingga madu ini kita kemas sedimikianrupa lalu LLH Jejak juga yang memasarkan,” kata Hardianto.

Madu Sersan yang telah dikemas dan siap dipasarkan

Saat ini lanjut Hardianto, jumlah petani lebah madu binaan Jejak sekitar 25-30 orang dimasing-masing wilayah. Adapun wilayah penghasil madu diantaranya wilayah Kecamatan, Mekakau Ilir serta Mahanggin Kec. Muaradua. “Sebenarnya masih banyak lagi potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) khususnya madu di OKU selatan ini, seperti di daerah Kec. Sindang Danau, Kec. Tiga di haji baik itu budidaya maupu madu lebah liar,” imbuhnya

Disebutkan Hardianto, Madu sersan atau madu hutan lebah liar ini memiliki banyak khasiat dan manfaat diantaranya meredakan panas dalam, mengobati sariawan serta mampu menyembuhkan luka ringan. Selian itu madu ini bagus untuk perawatan kecantikan, baik dari luar maupun ketika di konsumsi dan dapat digunakan untuk Program kehamilan atau menyembuhkan penyakiti Magh dan masalah pencernaan. 

“Saat ini kami fokus kepada bagaimana mengelola madu ini secara baik  dengan tetap mempertahankan kemurnian dan kualitas dari madu tersebut, namun tidak menutup kemungkinan kedepan kami akan mengkombinasikan hasiat madu ini dengan berbagai macam rempah herbal guna meningkatkan kehasiatan dari madu ini,” imbuhnya.

Madu Sersan ini dikatakan Hardianto telah dipasarkan diwilayah OKU Selatan, OKU Induk dan Kota Palembang serta dipasarkan via online dan medsos. Bagi masyarakat yang membutuhkan madu murni dan asli dapat mendatangi kantor Jejak Bumi Indonesia OKU Induk di jalan Veteran Samping Kantor Kominfo Baturaja, Kantor LLH Jejak Bumi Indonesia, Kab. OKU Selatan di Jln. Kampung Masjid Kel. Pasar Muaradua dan Toko Anugrah Shop Batu Belang Muaradua atau dapat menghubungi 081279932654(Budi Utomo), 082211718101 (Kantor LLH Jejak OKU Selatan) atau 081274066600 (Toko Anugrah Shop Muaradua).

“Silahkan yang menbutuhkan, kami siap melayani pemesanan dalam jumlah banyak, Madu dijamin Asli,” tukasya. (AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *