Berita Umum Pertanian

Tingkatkan Produksi Ternak, Balitbangtan Jalin Kerjasama dengan ACIAR

Penguatan jejaring dan kerjasama sangat penting dalam dunia penelitian, mengingat begitu dinamisnya kemajuan teknologi saat ini. Tak terkecuali di bidang pertanian. Senin (1/10/2018), Balitbangtan menginisiasi kerjasama dengan Australian Centre for International Agricultural Research(ACIAR) yang dituangkan dalam penandatanganan nota kerjasama penelitian (Memorandum of Subsidiary Arrangement) pada penelitian Project IndoBeef Crop-Cow di Kantor Pusat Balitbangtan, Jakarta.

Perjanjian kerjasama penelitian tersebut ditandatangani oleh Kepala Balitbangtan yang diwakili Sekretaris Badan Dr. Muhammad Prama Yufdy dan CEO ACIAR yang juga diwakili oleh project manager Dr. John Ackerman.

Kerjasama ini khususnya akan membidangi penelitian untuk peningkatan produksi ternak dan kesejahteraan petani kecil yang berbasis integrasi antara ternak dan tanaman pangan di Indonesia.

Sebelumnya, Balitbangtan sejak 1983 juga telah menjalin kerjasama dengan ACIAR di bidang penelitian pertanian. Sebelum kerjasama integrasi ternak dan tanaman pangan, telah dilaksanakan juga kerjasama penelitian tentang integrasi ternak dan tanaman palma. “Kerjasama ini telah berlangsung lama dan terus ditekankan untuk menghasilkan outcome terutama integrasi sapi dan padi” ungkap Sekretaris Balitbangtan.

Dr. John Ackerman menambahkan bahwa pihaknya akan terus mendorong kerjasama antar dua negara. “Kerjasama Indonesia dengan Australia terkait penelitian akan terus didorong untuk dapat saling mengambil manfaat,” tambah penanggungjawab proyek tersebut. Selain Balitbangtan dan ACIAR, kerjasama ini juga melibatkan dua perguruan tinggi yaitu Universitas Mataram dan Universitas Lambung Mangkurat.

Sumber: litbang.pertanian.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *